SOP Writing & Improvement

HRD

Teknik Pengembangan dan Penyesuaian SOP “Mudah dan Tepat

Pedoman atau manual SOP penting bagi organisasi untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai. Aspek operasi harus sama baik dengan aspek administrasi. Sisi pendapatan harus juga sama baiknya dengan pengendalian biaya. Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.

Pelatihan penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah bisnis telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standar oleh anggotanya.

Namun tidak jarang terjadi perubahan dalam sistem pengerjaan baik secara teknis maupun non teknis dalam kegiatan operasional perusahaan. Dalam keadaan seperti ini tentunya perlu dilakukan peninjauan kembali atas prosedur operasi yang sedang berjalan.

Pelatihan ini memberikan prinsip-prinsip penyusunan kembali SOP secara efektif mencakup latar belakang dan arti penting penyusunan SOP terkait perubahan yang terjadi pada sistem. Termasuk bagaimana melakukan pengembangan dari SOP yang ada saat ini. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan

  • Penyusunan SOP memahami dan mengukur penting/tidaknya pengembangan atau penyesuaian SOP sesuai dengan kebutuhan organisasi
  • Peserta mampu melakukan pengembangan atau penyesuaian SOP di unit kerjanya secara mudah sesuai kebutuhan.

Silabus

  1. Adakah perubahan dalam sistem?
  2. Apakah SOP saat ini sudah efektif?
  3. Alasan melakukan pengembangan atau penyesuaian Sistem: 1)tuntutan perubahan sistem, 2)tingkat kegagalan di luar kendali atau 3)gap harapan vs aktualisasi.
  4. Sudahkah Key Performance Indicator (KPI) terpenuhi?
  5. Mengapa perlu pengembangan atau penyesuaian Standard Operating Procedures?
  6. Seberapa penting harus dilakukan pengembangan atau penyesuaian Standard Operating Procedures?
  7. Teknik menentukan tingkat kepentingan dalam mengembangkan atau menyesuaikan SOP
  8. Pertimbangan risiko dengan atau tanpa mengembangkan / menyesuaikan SOP
  9. Teknik menentukan tingkat risiko dalam mengembangkan atau menyesuaikan SOP
  10. Meminimalisir risiko ketika perlu mengembangkan atau menyesuaikan SOP
  11. Mengaca pada kasus ”PB Free” sebagai syarat untuk produk elektonik.

Trainer
Mohamad Rojana Hamdan, ST., MM.

INFORMASI & PENDAFTARAN
PT. UPAYA RIKSA PATRA
Ph. 021. 47882387, 47865925, 47861912
Fax. 021. 47865925
Email. upaya-riksa@centrin.net.id
CP : Eva / Nisa