HR Management For Non HR Managers

HRD

LATAR BELAKANG
Drucker serang pakar HRM mengemukakan bahwa tantangan bagi para manajer saat ini adalah tenaga kerja yang cenderung tidak mudah diarahkan seperti tenaga kerja generasi yang lalu. Kondisi ini mendukung untuk munculnya paradigma HRM baru, terutama bagi mereka yang tidak berlatar belakang HR (SDM), yaitu dengan memperhatikan aspek psikologi dan keadilan dalam organisasi yang menjadi faktor penting peningkatan produktivitas.

Munculnya paradigma-paradigma tersebut dalam HRM sering mengakibatkan kontradiksi bagi para praktisi di bidang HRM, sehingga pertanyaan apaka hal tersebut perlu diadopsi atau tidak sangat sukar dijawab dengan tepat. Di samping itu, kemampuan setiap perusahaan juga berbeda-beda dalam menyikapinya sehingga faktor kontekstual menjadi penting. Namun ada hal klasik yang tetap ada di benak setiap manajer, yakni apakah fungsi HRM di perusahaan sesuai dengan strategi, misi dan visi perusahaan (aspek stratejik), dapat diandalkan (aspek reliability), dan memenuhi syarat -syarat pengelolaan secara efektif dan efisien (aspek effectiveness dan efficiency)? Dan juga apakah praktek pengelolaan SDM sudah sesuai dengan UU atau peraturan ketenagakerjaan yang berlaku? Keempat hal tersebutlah yang perlu dievaluasi dan ditinjau setiap tahunnya, melalui suatu paket program pelaksanaa manajemen sehingga manajer-manajer yang meskipun tidak berlatar belakang HRM dapat dengan memperhatikan dan mengelola aspek sumberdaya manusia (HR) di masing-masing perusahaan.

TUJUAN DAN MANFAAT
Training berfokus pada pencarian data dan informasi tentang permasalahan organisasi dari perspektif HR. Masalah-masalah yang secara langsung atau tidak langsung dapat mengakibatkan kegagalan organisasi dapat diidentifikasi sedini mungkin melalui proses audit sehingga manajemen dapat segera memberikan perhatian dan tindakan koreksi dapat segera diambil.
Penguasaan konsep HRM dapat meningkatkan kinerja para pelaku organisasi, Top Management, para pimpinan unit-unit pengelola HR maupun pimpinan unit-unit kerja non-HR di lingkungan perusahaan untuk tidak terlena dan terjebak dalam permasalahan HR sehingga melupakan pemikiran dan tindakan strategis untuk mengamankan kepentingan organisasi di masa depan.

MATERI

  1. Model HRM Untuk Organisasi
  2. Dampak HRM Dalam Organisasi
  3. HRM Dalam Menghadapi Permasalahan Organisasi
  4. Undang-Undang Ketenagakerjaan
  5. Konsep Penugasan / Pendelegasian
  6. Pengasan dan KPI (Key Performance Indicator)
  7. Konsep, Tujuan serta Perlunya survey HR
  8. Perencanaan survey HR
  9. Merancang Angket Survey
  10. Pelaksanaan, Penekanan dan Bagaimana Memahami Hasil Survey
  11. Praktek Untuk Pengumpulan Informasi/Data Dari Internal
  12. Metode Analisa Data
  13. Penulisan Laporan Hasil Survey dan Tindak Lanjut Atas Hasil Laporan

TRAINER
Mohamad Rojana Hamdan, ST., MM.

DURASI & TEMPAT PELATIHAN
Durasi : 2 hari
Tempat : Training Center

Informasi & Pendaftaran

PT. UPAYA RIKSA PATRA
Ph. 021. 47882387, 47865925, 47861912, 47882794, 4891409
Fax. 021. 47865925
Email. upaya-riksa@centrin.net.id
CP : Eva / Nisa / Rosma